Part 21 : Kelebihan dan Kelemahan analisa teknikal

Kelebihan analisa teknikal adalah :

-Fokus pada harga. Karena tujuan kita menganalisa adalah untuk memprediksi pergerakan harga dimasa mendatang, maka masuk akal untuk memfokuskan diri pada pergerakan harga, baik harga masa lalu maupun harga yang sedang terjadi, sehingga kita tidak dipusingkan dengan berita apa yang beredar.
-Adanya Entry point dan Exit point. Dengan analisa teknikal kita dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk transaksi (entry point) dan kapan waktunya untuk keluar dari pasar (exit point) dengan jelas. Sehingga kita tidak membuang waktu untuk transaksi yang tidak efektif.
-Mudah. Dengan adanya history data pada grafik kita dapat mebaca apa yang sedang terjadi dengan market. Sehingga begitu melihat sebuah peluang kita dapat langsung bertransaksi.
Kelemahan Analisa teknikal diantaranya :
-Data yang ditampilkan sangat terlambat. Data yang dihasilkan oleh Indikator-indikator pada analisa teknikal itu mengunakan data sebelumnya, sehingga pada saat Data dari indikator mengatakan harga akan NAIK, sebenarnya harga itu sendiri sudah naik.
-Tidak Objektif. Sebuah data yang ditampilkan pada grafik analisa teknikal dapat menimbulkan penafsiran yang berbeda oleh setiap trader.
-Memiliki level harga yang berubah-ubah. Dalam analisa teknikal dikenal adanya level support dan resistance, yaitu level kritis yang dapat menjadi titik tolak harga balik arah. Namun dalam kenyataannya level ini selalu berubah, terkadang lebih tinggi atau lebih rendah. Hal ini banyak membuat trader tertipu.
Dengan melihat kelebihannya dan kelemahannya, Anda harus bisa memanfaatkan sisi kelebihannya dan coba mengantisipasi kelemahannya.


Salam,
Happy Trading

PERINGATAN RESIKO: Perdagangan / trading valuta asing atau forex, komoditi (emas) dan sejenisnya pada dasarnya mempunyai tingkat keuntungan dan resiko yang tinggi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar