Part 25 : Formasi gap

Gaps adalah celah diantara penutupan candle yang satu dengan pembukaan candle yang berikutnya.
Gaps biasa terjadi karena tarlalu banyak dan membanjirnya Order Beli atau Jual. Sehingga gaps ini mencerminkan potensi kekuatan pergerakan yang akan terjadi kemudian.
Ada 4 (empat) jenis gaps yaitu:
1. Common Gaps. Adalah gaps yang muncul di sekitar support atau resistance, sehingga biasanya akan cepat tertutup karena terbentur support atau resistance.
Namun sebenarnya penutupan gaps ini adalah dalam rangka menghimpun kekuatan untuk bergerak lebih panjang. Oleh karena itu biasanya setelah terjadi penutupan common gaps ini terjadi pula pergerakan panjang.
common-gap
2. Breakway Gaps. Adalah Gaps yang terjadi muncul setelah berhasil menembus support atau resistance yang kuat. Bisa juga dikatakan ini adalah bentuk lain dari Breakout. Namun karena terlalu kuat tekanannya, maka terjadilah Gaps.
breakaway-gap
3. Runaway Gaps. Adalah Gaps yang terjadi sebagai bentuk kelanjutan tekanan yang kuat pada saat harga bergerak tajam.
runaway-gap
4. Exhaustion Gaps. Adalah Gaps yang terjadi di ujung sebuah trend. Oleh karena itu Exhaustion Gaps biasanya terjadi setelah trend panjang terbentuk atau terjadi pada kondisi jenuh.
Exhaustion gaps dapat pula dijadikan sebagai signal berakhinya sebuah trend .
exhaustion-gap


Salam,
Happy Trading

PERINGATAN RESIKO: Perdagangan / trading valuta asing atau forex, komoditi (emas) dan sejenisnya pada dasarnya mempunyai tingkat keuntungan dan resiko yang tinggi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar